WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 18 Juli 2012

DASAR HTML


tentang html :


preview :

pengertian dari html : hypertext markup languange adalah singkatan dari HTML . ini merupakan bahasa markup yang digunakan untukn membuat sebuah halaman web, yang bisa menampilkan berbagai informasi dalam pejelajah web internet dan formating hyper text sederhana yang ditulis keadalam berkas format ACSII  agar dapat menampilkan wujud yang terinteregasi. dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ACSII normal sehinnga menjadi homepage dengan perintah HTML. bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan didunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML(standard generalized markup languange), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web consortium (W3C). HTML direkomendasikan oleh berners lee robert ketika mereka bekerja di CERN. atau meruapakan lembaga fisika tertinggi.



untuk belajar HTML , kita dapat menggunakan program HTMLseperti Ms frontpage , dreamweaver atau text editor (notepad). sesuai dengan selera anda masing-masing. namun untuk tutorial ini akan diajarkan dengan menggunakan teks editor yang simple yaitu Notepad., jika anda ingin menggunakan teks editor yang lebih interaktif anda bisa menggunakan notepad++.


 dalam html terdapat bagian struktur yang biasa disebut dengan tag  yang mempunyai lambang seperti "<". ">" dan "/...." biasanya dalam penulisan html tag pembuka aalah "<....>" dan sebagai penutupnya adalah "</.....>", kemudian pada tag tersebut biasanya mencakup : html, head. tittle, body dan masih banyak yang lainnya yang biasanya di sebut dengan elemen  hmtl. 


dalam penulisan html bisa dituliskan dengan huruf besar dan kecil. contohnya adalah : <htML> , <HtMl>, <HTML> dan lain-lain, semuanya adalah sama .




berikut adalah tutorial dari html : 


preview :







<html> : menandai awal dan akhir dokumen html
<head> : menandai bagian header
<tittle> memberi judul
</head>
<body> menandai awal dan akhir isi dokumen html
</body>
</html>



preview : 

setelah anda mencoba membuat html tersebut , silahkan anda save kedalam C:\my documents dengan nama " percobaan.hmt".  kemudian setelah tersimpan, silahkan buka browser anda, setelah terbuka pilih menu klik open , dan pilih C:\my documents "percobaan.hmtl", kemudian klik ok, maka halaman pertama yang telah anda buat tampil.

sekian blog dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua :)


Tidak ada komentar: